lata pengantar

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas berkat dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan sebuah karya tulis ilmiah sejarah yang didasarkan pada study lapangan yang telah saya ikuti.

Tiada gading yang tak retak, demikian pula dengan karya tulis ilmiah ini tentu masih banyak kekurangan. Untuk itu, kritik dan saran maupun masukan dari semua pihak sangat saya harapkan demi kesempurnaan karya tulis ilmiah ini.

Semoga karya tulis ilmiah ini bermanfaat bagi kita dan dapat memberikan pengetahuan bagi kita semua serta berguna bagi siswa siswi disekolah maupun dimasyarakat.

 

 

DAFTAR ISI


 

PENDAHULUAN

  1. 1.     LATAR BELAKANG MASALAH

Museum Perjuangan Rakyat Bali atau museum Bajra Sandi tercetus Pada Tahun 1980. Berawal dari ide Dr. Ida Bagus Mantra yang saat itu adalah Gubernur Bali. Ia mencetuskan ide awalnya tentang museum dan monumen untuk perjuangan rakyat Bali. Lalu pada tahun 1981, diadakan sayembara desain monumen, yang dimenangkan oleh Ida Bagus Yadnya, yang adalah seorang mahasiswa jurusan arsitektur Fakultas Teknik Universitas Udayana. Lalu pada tahun 1988 dilakukan peletakan batu pertama dan selama kurang lebih 13 tahun pembangunan monumen selesai. Tahun 2001, bangunan fisik monumen selesai. Setahun kemudian, pengisian diorama dan penataan lingkungan monumen dilakukan. Pada bulan September 2002, SK Gubernur Bali tentang penunjukan Kepala UPTD Monumen dilaksanakan. Dan akhirnya, pada tanggal 1 Agustus 2004, Pelayanan kepada masyarakat dibuka secara umum, setelah sebelumnya pada bulan Juni 2003 peresmian Monumen dilakukan oleh Presiden RI pada saat itu Ibu Megawati Soekarnoputri.

Monumen yang terletak di kawasan Lapangan Renon ini memang sangat menarik perhatian bagi semua orang karena tempatnya yang terawat dengan baik dan bersih dan lengkap dengan menara yang menjulang ke angkasa yang mempunyai arsitektur khas Bali yang indah. Lokasi monumen ini juga sangat strategis karena terletak di depan Kantor Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali yang juga di depan Gedung DPRD Provinsi Bali tepatnya di Lapangan Renon Nitimandala. Tempat ini merupakan tempat pertempuran jaman kemerdekaan antara rakyat Bali melawan pasukan penjajah. Perang ini terkenal dengan sebutan “Perang Puputan” yang berarti perang habis-habisan. Monumen ini didirikan untuk memberi penghormatan pada para pahlawan serta merupakan lambang penghormatan atas perjuangan rakyat Bali.

 

 

 

  1. 2.     RUMUSAN MASALAH
    1. Bagaimana sejarah museum Bajra Sandi di pulau Bali ?
    2. Bagaimana visi dan misi museum Bajra Sandi ?
    3. Apa yang dimaksud Tri Mandala dan Tri Angga ?
    4. Apa arti penting museum Bajra Sandi bagi rakyat Bali ?
    5. Bagaimana latar belakang terjadinya Perang Puputan itu ?

 

  1. 3.     TUJUAN PENULISAN
    1. Mendeskripsikan sejarah museum Bjra Sandi di Pulai Bali.
    2. Mendeskripsikan visi dan misi museum Bajra Sandi.
    3. Mendeskripsikan Tri Mandala dan Tri Angga.
    4. Mendeskripsikan apa arti penting museum Bajra Sandi bagi rakyat Bali.
    5. Mendeskripsikan latar belakang terjadinya Perang Puputan.

 

  1. 4.     MANFAAT PENULISAN

Bisa dijadikan sebagai sumber pengetahuan dan pengalaman bagi siswa mengenai sejarah museum Bajra Sandi dan apa yang ada di dalam museum tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s