MAKALAH GEOGRAFI

PENGAMATAN GEOGRAFI DI TANAH LOT

Tanah Lot’ adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Ia adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura di sana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben ‘akhirnya’ menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Jenis Tanah
Tanah di daerah ini tergolong Aluvial Grumof, andosol, Reandosol. Tanahnya juga mempunyai berat jenis yang rendah. Tanahnya berasal dari ordo Eulotropet, mediteran dan Habluands.

Keterangan

  • Tanah alluvial disebut juga tanah hasil endapan. Lumpur sungai yang mengendap di dataran rendah akan membentuk tanah endapan. Umumnya tanah ini memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, sehingga cocok untuk bercocok tanam.
  • Tanah Andosol berasal dari nama andosol sendiri yaitu kata Ando yang memiliki makna ‘hitam’ dan sol yang artinya tanah. Tanah andosol atau juga disebut tanah vulkanis, punya cirikhas yang mudah dikenali. Warnanya yang gelap/hitam, abu-abu, coklat tuahingga kekuningan, berasal dari sisa abu vilkanik dari letusan gunung berapi. Olehsebab itu,, tanah jenis ini banyak ditemukan di daerah sekitar lereng gunungberapi.Tanah jenis ini biasanya subur dan bertekstur gembur hingga lempung, bahkan dibeberapa tempat bertekstur debu. Sehingga petani menyukainya karena mudahdalam pengolahan. Sangat ringan dicangkul dan pori-pori tanahnya memudahkansirkulasi udara masuk ke akar tanaman.

Warna Tanah

Warna tanah di tanah lot adalah abu abu kecoklatan,

Vegetasi
Vegetasinya tergolong vegetasi pantai yang paling dominan. Ada kelapa, randu dan lain lain.

Tekstur tanah

Tekstur tanah di tanah lot yaitu kasar. Karena tanah berpasir masuk ke dalam tekstur tanah yang masuk ke dalam kelompok tekstur tanah kasar.

Lokasi Tanah Lot

Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah Pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan Pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s